Langsung ke konten utama

Menuju Festival Bumi Reog pada 5 Oktober 2013

Seperti yang kita lihat saat ini, kebudayaan Reog Ponorogo di daerahnya berkembang pesat. Kebudayaan tersebut sudah mengakar kuat, dan menjadi wajah kebudayaan di Indonesia. Sehingga dibeberapa daerah di luar Ponorogo, sudah banyak yang belajar kesenian asli Ponorogo tersebut, salah satunya daerah Yogyakarta.


Dalam waktu dekat ini, perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Yogyakarta (PMPY) mengadakan Festival Bumi Reog yang bertempat di Titik Nol KM Jogja (Monumen Serangan Umum 1 Maret).
Dalam pementasan kali ini mengangkat Tema Reog Ponorogo dalam realita. Akan ada beberapa pertunjukan yang akan disuguhkan, diantaranya tari-tarian tradisional, fashion show batik, geguritan, dan beberapa pertunjukan lain. Acara puncaknya adalah tarian Reog Ponorogo.

“Festival Bumi Reog ini dirancang dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan seni Reog Ponorogo” pungkas Hamid yang menjadi ketua panitia Festival Bumi Reog. Yang memainkan kesenian tersebut masyarakat asli Ponorogo, yaitu mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalam organisasi Manggolo Mudho Yogyakarta (2/10).

Hamid juga menuturkan, “kita sebagai mahasiswa Ponorogo ingin mensosialisasikan dan memberitahukan kepada semua masyarakat Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bahwa ini lho, Reog Ponorogo yang asli dan dicintai semua orang”. Untuk persiapan dari panitia, sampai saat ini sudah hampir maksimal, tambahnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Chamim yang menjadi wiraswara di Manggolo Mudho, “persiapan dari segi wiraswara sudah cukup baik dan cukup matang, karena kita didik oleh salah satu profesional Reog. Jadi, kita tidak sembarangan latihan. Kita punya jalan untuk wiraswara, seperti mengolah vokal”.
Dari event Festival Buni Reog ini diharapakan bisa memberikan kesan ke seluruh penonton baik dalam negeri maupun luar negeri juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANGGOLO MUDHO GELAR PENTAS SYUKURAN

Bukan Manggolo Mudho namanya kalau tidak membuat kejutan. Malam ini, Rabu (3/10), Manggolo Mudho menggelar Pentas Syukuran yang bertajuk Special Show di  halaman Kantor Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.



Acara ini mampu menarik perhatian para pecinta kesenian Reyog Ponorogo di Yogyakarta. Ratusan orang sudah mulai berdatangan ke Kantor Kecamatan Depok sejak sore hari. Antusiasme masyarakat tersebut tak lain demi untuk menyaksikan penampilan Reyog Manggolo Mudho.
Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Camat Depok, dan Pawargo Yogyakarta. Ucapan selamat serta apresiasi setinggi-tingginya disampaikan oleh para tamu undangan tersebut dalam sambutannya. Selain itu, hadir pula ada malam tersebut 5 orang peserta program Friendship Force dari Inggris.
Acaa ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan Manggolo Mudho di Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun ini. Seperti diketahui bersama bahwa pada event bergengsi tersebut Manggolo Mudho be…

MM SPECIAL SHOW 2018

Reyog Manggolo Mudho Proudly Present Special Show 2018

Dulur berencana main ke Yogyakarta besok hari rabu? Jika iya, Manggolo Mudho akan mengadakan perayaan syukuran atas keberhasilan dalam Festival Nasional Reyog Ponorogo XXV 2018 yang bertajuk Special Show Reyog Manggolo Mudho yang digelar pada Rabu, 3 Oktober 2018 Pukul 19.00 WIB besok di Kantor Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.
Tag dong, manggolomudholic temen dan saudaranya yang mau diajak ke sini!

Catat tanggalnya:

3 Oktober 2018
3 Oktober 2018
3 Oktober 2018

Informasi lebih lanjut:
@manggolomudho
www.manggolomudho.com

Salam Budaya!

#manggolomudho
#manggolomudholic
#pawargoyogyakarta
#reyogponorogo
#yogyakarta

MM SUKSES MERIAHKAN DIES NATALIS FISPOL UGM KE-63

Reyog Manggolo Mudho bekerjasama dengan Fisipol Universitas Gadjah Mada sukses menyajikan garapan Reyog Ponorogo pada Pembukaan Dies Natalis Fisipol UGM ke-63, Rabu (19/9)



Dihadiri jajaran Petinggi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM beserta Alumni acara berlangsung meriah, pada kesempatan ini MM membawakan Garapan Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun ini.

Sebuah kehormatan MM bisa menjadi Pembuka pada acara kali ini, tidak hanya Reyog Garapan, MM juga menyajikan garapan atraksi Bujang Ganong.







Setelah acara ini MM dijadwalkan akan tampil kembali tanggal 22 & 23 September 2018 pada acara Pawai Garis Imajiner yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

#manggolomudho