Langsung ke konten utama

JATIMFEST 2015


MANGGOLO MUDHO. Dalam perjalanannya, komunitas seni Reyog mahasiswa Ponorogo di Jogjakart ini telah banyak mengukir prestasi. Mulai dari yang lokal, nasional bahkan telah menjalin kerjasama tingkat internasional.  Sebagai salah satu tekad berkesenian, tahun ini Manggolo Mudho memprakarsai diselenggarakannya sebuah event besar yang bertajuk JATIMFEST (Jawa Timur Festival) 2015.

Jatimfest (Jawa Timur Festival) adalah sebuah event budaya yang diselenggarakan oleh mahasiswa asal Jawa Timur yang ada di Jogjakarta. Event ini mengambil lokasi kelas satu di Jogjakarta sebagai lokasi penyelenggaraannya, yaitu di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, 0 km. Kantor Pos besar, Malioboro, yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juni 2015. Dalam event Jatimfest, akan ditampilkan seluruh kebudayaan yang menjadi identitas setiap kota di Provinsi Jawa Timur, mulai dari tari-tarian, legenda, sejarah, pakaian khas, makanan dll. Sebagaimana kita ketahui, Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang mempunyai kebudayaan sangat kaya dan sejarah sangat panjang. Inilah yang akan kita angkat dalam event ini dengan harapan supaya masyarakat Jogja pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal dan mencintai kebudayaan Jawa Timur.

Dikarenakan penyelenggara event Jatimfest adalah mahasiswa dari perwakilan kota-kota yang berasal dari Jawa Timur, maka jadi bisa dikatakan bahwa event  Jatimfest ini merupakan hasil patungan dari kota-kota yang masuk kedalam kepanitiaan. Mulai dari patungan dana, penampil, konsep acara, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Tentunya dengan batasan-batasan yang telah disepakati bersama. Dengan kata lain, terselenggara atau tidaknya event ini  sangat tergantung pada bersatunya kota-kota yang akan masuk kedalam kepanitiaan.  Jadi event ini sangat bagus untuk menumbuhkan rasa persatuan antar sesama mahasiswa asal Jawa Timur, juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan kota masing-masing. Karena selain masuk di kepanitiaan, setiap kota juga wajib mengeluarkan kebudayaan khas kotanya untuk ditampilkan, dimana pemainnya adalah para mahasiswa dari kota tersebut. Dengan format event yang matang, diharapkan Jatimfest bisa menjadi event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu dan menjadi ajang persaingan yang positif dan kreatif dari setiap kota yang tergabung dalam event ini. Salam Jatimfest..!!

KOTA YANG TERGABUNG DALAM KEPANITIAAN JATIMFEST 2015

1.       Banyuwangi
2.       Jember
3.       Bondowoso
4.       Probolinggo
5.       Surabaya
6.       Malang
7.       Mojokerto
8.       Pacitan
9.       Ponorogo

PENAMPILAN MASING-MASING KOTA
1.       Banyuwangi : Tari Gandrung
2.       Jember : Jember Fashion Carnaval
3.       Bondowoso : Tari Singo Ulung
4.       Probolinggo : Eksotika Suku Tengger
5.       Surabaya : Tari Remo
6.       Malang : Tari Topeng Malangan
7.       Mojokerto : Sendratari Majapahit
8.       Pacitan : Tari Kethek Ogleng
9.       Ponorogo : Tari Reyog Ponorogo
Nb. Penampilan dari masing-masing kota bisa berubah sewaktu-waktu, dengan berbagai pertimbangan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANGGOLO MUDHO GELAR PENTAS SYUKURAN

Bukan Manggolo Mudho namanya kalau tidak membuat kejutan. Malam ini, Rabu (3/10), Manggolo Mudho menggelar Pentas Syukuran yang bertajuk Special Show di  halaman Kantor Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.



Acara ini mampu menarik perhatian para pecinta kesenian Reyog Ponorogo di Yogyakarta. Ratusan orang sudah mulai berdatangan ke Kantor Kecamatan Depok sejak sore hari. Antusiasme masyarakat tersebut tak lain demi untuk menyaksikan penampilan Reyog Manggolo Mudho.
Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Camat Depok, dan Pawargo Yogyakarta. Ucapan selamat serta apresiasi setinggi-tingginya disampaikan oleh para tamu undangan tersebut dalam sambutannya. Selain itu, hadir pula ada malam tersebut 5 orang peserta program Friendship Force dari Inggris.
Acaa ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan Manggolo Mudho di Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun ini. Seperti diketahui bersama bahwa pada event bergengsi tersebut Manggolo Mudho be…

MM SPECIAL SHOW 2018

Reyog Manggolo Mudho Proudly Present Special Show 2018

Dulur berencana main ke Yogyakarta besok hari rabu? Jika iya, Manggolo Mudho akan mengadakan perayaan syukuran atas keberhasilan dalam Festival Nasional Reyog Ponorogo XXV 2018 yang bertajuk Special Show Reyog Manggolo Mudho yang digelar pada Rabu, 3 Oktober 2018 Pukul 19.00 WIB besok di Kantor Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.
Tag dong, manggolomudholic temen dan saudaranya yang mau diajak ke sini!

Catat tanggalnya:

3 Oktober 2018
3 Oktober 2018
3 Oktober 2018

Informasi lebih lanjut:
@manggolomudho
www.manggolomudho.com

Salam Budaya!

#manggolomudho
#manggolomudholic
#pawargoyogyakarta
#reyogponorogo
#yogyakarta

MM SUKSES MERIAHKAN DIES NATALIS FISPOL UGM KE-63

Reyog Manggolo Mudho bekerjasama dengan Fisipol Universitas Gadjah Mada sukses menyajikan garapan Reyog Ponorogo pada Pembukaan Dies Natalis Fisipol UGM ke-63, Rabu (19/9)



Dihadiri jajaran Petinggi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM beserta Alumni acara berlangsung meriah, pada kesempatan ini MM membawakan Garapan Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun ini.

Sebuah kehormatan MM bisa menjadi Pembuka pada acara kali ini, tidak hanya Reyog Garapan, MM juga menyajikan garapan atraksi Bujang Ganong.







Setelah acara ini MM dijadwalkan akan tampil kembali tanggal 22 & 23 September 2018 pada acara Pawai Garis Imajiner yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

#manggolomudho